Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Dan Tips Menabung

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Dengerin keluhan dari teman, yang beli asuransi untuk pendidikan..

Ujung2nya kecewa…kenapa? ya…karena yang dijanjikan tidak sesuai dengan yang dicairkan.

Mari kita sedikit “back to basic” lihat lagi perbedaan fungsi dari Asuransi dan investasi.

Fungsi Asuransi

Melindungi sesuatu dari i yang sifatnya tidak pasti kapan terjadi, dan berpotensi membuat keuangan kita berantakan.

Contoh Kematian, Sakit kritis, Kecelakaan dan cacat total yang menyebabkan kita kehilangan penghasilan

Sedangkan pendidikan atau sekolah anak itu kan pasti dan bisa dipersiapkan.

Jadi yang tidak pasti itu adalah income/penghasilan orang tuanya yang dipakai untuk bayar sekolah anak.

Sekarang ada, besok-besok bisa aja tiba-tiba hilang.

Disinilah peran ASURANSI saat persiapan dana pendidikan anak, yaitu untuk proteksi income orangtua.

Fungsi Investasi

Adalah untuk mencapai tujuan keuangan yang kita bisa tentukan kapan kita membutuhkannya dan seberapa besar return / hasl pengembangan dana yang ingin kita dapatkan.

Contoh: Reksdana, Deposito, Obligasi, saham.

Pilih Asuransi atau Investasi ?

Bagusan mana untuk Persiapan Dana Pendidikan?

Bukan suatu pilihan, Keduanya dibutuhkan.

Investasi dibutuhkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak yang kita tahu kapan digunakan (SMP,SMA,Universitas).

Asuransi dibutuhkan untuk menjamin anak untuk bisa terus melanjutkan pendidikannya jika terjadi resiko hidup atau orangtua kehilangan penghasilannya.

Beberapa Tips Menabung

1.CATAT PENGELUARAN

Langkah pertama adalah mengetahui seberapa banyak pengeluaranmu, lebih detail lebih baik.

ketika sudah punya datanya coba organisir sesuai kategori (misal: Bahan makanan, Biaya rutin, dll)

2.TENTUKAN BUDGET DAN PRIORITAS

Setelah tahu kira-kira berapa besar pengeluaranmu, kamu bisa menentukan budget tiap bulan yang disesuaikan dengan pendapatan/income kamu.

Agar tidak “over spending” mungkin bisa mengurangi atau menyesuaikan kembali dengan mengidentifikasi hal-hal yang tidak terlalu penting.

3.TETAPKAN TUJUAN MENABUNG

Mulai pikirkan kamu ingin menabung untuk apa?, sehingga dapat terlihat seberapa besar dana yang dibutuhkan dan kapan kamu ingin tabungan itu bisa digunakan, kamu juga akan jadi semangat menabung jika ada tujuan. Misal: Untuk anda liburan, ganti ban mobil, dsb

Sebuah cerita dimana kegiatan berenang dapat menjadi pedoman hidup

Setiap kali kita berusaha berkembang, kita akan selalu dihadapkan pada hal-hal baru yang belum kita ketahui. Dalam proses mencoba hal baru, selalu saja ada bagian yang sangat sulit dijalankan..

Memulai selalu menjadi langkah yang paling sulit. Boleh saja kita sudah melakukan persiapan dengan mempelajari teori-teorinya, berkonsultasi dengan yang berpengalaman, tapi tetap saja memulai hal baru tidaklah mudah, terdapat keraguan-keraguan dalam menghadapi hal baru yang belum pernah dialami.

Hal yang sama juga terjadi ketika baru memulai berinvestasi saham.. Seperti hal-nya berenang, belajar terbaik dalam berinvestasi saham adalah dengan nyebur langsung!!

Karena aspek dominan dalam berinvestasi bukan cuma soal teknis, faktor psikologis justru memiliki peran yang sangat besar. Menghadapi naik turunnya harga saham membuat emosi kita ikut terbawa. Dan kemampuan tetap berpikir jernih dalam tekanan membantu kita membuat keputusan yang lebih baik.

Pasar saham adalah pasar yang dinamis. Dinamika harga dan cerita setiap perusahaannya membuat saham menjadi salah satu investasi yang paling menarik untuk diikuti. Pasar saham memberikan kesempatan kita untuk turut memiliki perusahaan yang kita sukai, yang kita percaya memiliki prospek masa depan cerah.

Contoh saja produk makanan kebanggaan kita Indomie. Perusahaan consumer good dengan kode saham ICBP ini memiliki kinerja sehebat rasanya. Dalam 10 tahun terakhir kinerja laba perusahaan konsisten mencatatkan peningkatan laba. Kita ga perlu pusing – pusing menganalisa laporan keuangannya, secara jangka panjang perusahaan ini terus bertumbuh seiring semakin baiknya perekonomian kita.

Supaya kita ga ketinggalan dengan informasi harga emiten-emiten yang kita sukai, kita buat saja watchlist. Di aplikasi mobile stockbit cukup masuk ke menu watchlist, kemudian tinggal kita add simbol, untuk memasukkan saham-saham yang ingin kita perhatikan.

Dengan begitu setiap kali kita membuka halaman, kita langsung ditunjukkan harga saham-saham yang kita perhatikan.

Biasanya ketika sudah memiliki posisi beli, kita menjadi begitu haus untuk belajar dan mencari tahu lebih dalam tentang emiten pilihan kita, belajar jadi jauh lebih cepat. Perasaan yang sangat berbeda dengan hanya sekedar membaca teori saja.

Beberapa manfaat menyehatkan tidur pakai kaos kaki

Tidur merupakan salah satu waktu untuk tubuh anda beristirahat Sehingga nantinya tubuh anda bisa kembali beraktivitas dengan normal keesokan harinya dan kegiatan tidur ini juga berkaitan dengan beberapa fungsi tubuh secara menyeluruh mulai dari kesehatan kulit hingga kesehatan otak maka dari itu banyak sekali orang-orang yang ingin mencari cara agar nantinya bisa memberikan rasa nyaman ketika mereka tidur contohnya adalah dengan menggunakan kaos kaki 

 

Tetapi Apakah anda tahu manfaat dari menggunakan kaos kaki ketika tidur maka dari itu simak penjelasannya di bawah ini 

 

Membantu mengatur suhu tubuh inti 

Apabila anda Memiliki kamar tidur yang terlalu dingin maka hal tersebut dapat membuat tidur anda menjadi tidak nyenyak dimana nantinya anda akan menjadi lebih banyak bergerak sehingga nanti akan membuat Anda terbangun untuk melakukan gerakan seperti membenarkan selimut ataupun bolak-balik untuk buang air kecil tetapi anda bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan kaos kaki karena tidur menggunakan kaos kaki dapat membantu untuk mengatur suhu tubuh anda menjadi lebih baik 

 

Membantu tidur lebih cepat 

Seperti yang anda sudah ketahui bahwa suhu tubuh Nanda nantinya akan selalu meningkat secara bertahap mulai dari pagi hari dan akan menuju puncaknya pada siang hari ketika anda sudah lebih terjaga dan juga waspada lalu nantinya suhu tubuh anda juga akan menurun menjelang malam jangan begitu suhu tubuh tersebut dapat mempengaruhi jam biologis tubuh anda yang di mana akan mengendalikan waktu tidur sehingga dapat membuat seseorang merasa mengantuk lebih cepat Tetapi ada juga beberapa orang yang kesulitan tidur di mana mereka dapat mengatasinya dengan menggunakan kaos kaki ketika tidur 

 

Mengurangi gejala serangan raynaud

Raynaud merupakan salah satu kondisi yang sering sekali mempengaruhi pembuluh darah anda di bagian kulit Ketika anda sedang kedinginan ataupun stres dimana selama kondisi tersebut nantinya aliran darah Anda yang ada di bagian tangan ataupun kaki dapat berkurang sehingga akan Terasa seperti mati rasa dan kulit anda juga akan berubah menjadi warna biru ataupun putih Hal ini dikarenakan udara yang terlalu dingin Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan kaos kaki ketika tidur yang bisa mengatur suhu tubuh inti 

 

Beberapa Mitos Tentang Investasi

MITOS I

“Investasi hanya untuk orang kaya”

FAKTA

Memang keliatannya orang kaya akan mudah bertambah kaya dari hasil investasi mereka, TAPI sesungguhnya pada awalnya mereka juga membutuhkan proses yang panjang dan pada akhirnya tetap melakukan compounding (setiap hasil investasi diinvestasikan lagi) untuk membuat aset investasi semakin besar.

Siapapun kamu, tetap harus melakukan investasi untuk melawan inflasi & mencapai tujuan keuangan

MITOS 2

“Kalau uangmu besar, cuan semakin mudah”

FAKTA

Teori di atas kertas seperti itu, tapi pada faktanya, gampang cuan gampang juga boncos. Untuk mengelola uang besar butuh pengalaman, ilmu dan psikologi yang terlatih. Kalau kamu investasi 1 juta, naik atau turun 10% nilainya hanya 100rb, tapi kalau

investasi 1 Milyar, 10% itu sudah 100 juta lho!

Jadi butuh ilmu yang benar, timing dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan investasi. Uang besar bisa saja habis kalau dikelola tanpa ilmu & tidak bijak

MITOS 3

“Investasi untuk menjadi kaya”

FAKTA

Tujuan utama investasi adalah untuk melawan inflasi. Setelah itu target berikutnya adalah mencapai tujuan keuangan. Nah, kaya bisa saja merupakan salah satu tujuan investasimu. Tapi pastikan kamu punya angka yang jelas. Kaya itu seberapa tolak ukurnya?

Investasi bisa membuatmu kaya kalau kamu konsisten, dan bijak dalam menempatkan aset investasimu

MITOS 4

“Investasi itu judi”

FAKTA

Banyak nih yang bilang saham itu judi, crypto apa lagi dan seterusnya.

Kenapa sih bisa ada anggapan ini?

Yes, karena berinvestasi tanpa ilmu itu ibarat orang buta yang gak tau harus gimana dan kemana tapi terus nyemplung.

Kalau kamu gak ngerti tentang saham A, tapi lalu itu, bukankah sama kaya lagi judi? hanya karena ikutan kata orang kamu beli saham kalo gak menang ya kalah

MITOS 5

“Investasi itu beresiko & melelahkan”

FAKTA

Investasi akan melelahkan & beresiko kalau kamu belum memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya cuma ikut-ikutan, katanya crypto lagi bagus ikutan, saham lagi booming ikutan, dan seterusnya.

Hanya bisa ikut (beli) tapi gak tau kapan harus jualnya akhirnya malah nyangkut alias rugi berkepanjangan. Jadi, pelajari dulu sebelum mulai berinvestasi ya. Pastikan investasi sesuai profil resikomu juga ya

Kenapa Harus Nunggu Scam Baru Di Investigasi?

Hingga saat ini, masih ada banyak penawaran “investasi” yang sudah dinyatakan ilegal tetapi masih bebas beroperasi di Indonesia.

Ilegal kok masih boleh untuk beroperasi? Lalu Apanya yang salah nih?

Nah, saya sendiri juga sangat bingung,ini dinyatakan ilegal, bodong, tetapi kok yang tidak yang “dibubrahi” oleh pihak berwenang dari investigasi bodong ini.

Apa yang harus dibenahi dari pengawasan industri keuangan di Indonesia?

Kemarin baru saja ada bisnis money game berkedok judi yang namanya Yagoal yang akhirnya scam.

Yagoal berhasil membawa lari uang masyarakat senilai miliaran.

Ada juga skema2 serupa yang berkembang. Mulai dari suntik modal hingga triliunan, sinyal trading yang akhirnya kena bantai di detik-detik terakhir, hingga yang yang berkedok kripto2an, tapi bodong semua.

Dimana peran pengawas selama ini?

Kalau kita lihat di negara maju, di Amerika misalnya.

Tidak usah yang bodong, yang legal tetapi ada indikasi fraud saja sudah dapat dihentikan oleh pemerintah!

Ingat case Wolf of Wall street, Elizabeth Holmes dari Theranos, dan bernie Madoff?

3 case fraud terbesar di era modern. Ketika bau “amis” penipuan mulai tercium, investigasi pun mulai dilakukan. Melibatkan SEC, Polisi, hingga FBI.

Di indonesia so far yang saya lihat hanya ada list selebaran yang berisi daftar investasi ilegal yang dikeluarkan OJK dan Bappepti.

Itupun datanya kadang masih simpang siur, ada institusi investasi yang regulated tapi masuk ke list tersebut. Ada yang masuk listnya OJK tapi ternyata teregulasi di Bappepti.

Ada juga yang legal tapi ujungnya bodong atau ketahuan melakukan aktivitas ilegal. (Minapadi dan Jiwa Sraya contohnya)

Sepertinya, pembuat list masih kurang pemahaman mengenai mana investasi yang bodong dan yang tidak.

Sudah jatuh korban, baru beraksi. Pertanyaan saya, mengapa tidak bisa dihadang di awal?

Apalagi bukti sudah cukup kuat dan informasi juga sudah santer beredar!

Ketika sudah scam, baru dilacak kanan kiri. Percuma juga, uangnya juga sudah tidak ada, sudah dicuci di negara mana kita tidak tahu.

Beberapa Cara Maba Ambis Curi Start Biar Good

“Ah pusing deh. Emang harus banget sempurna dalam semuanya?”

Eits, chill bro. Namanya juga ngambis. Ada beberapa hal yang bisa kita ikhtiarkan untuk menjadi optimal dalam berbagai aspek karena kita sepakat tidak ada yang sempurna.

Mulailah sejak maba, saat semua starting point kalian dan teman-teman lainnya adalah “memulai langkah pertama”. TERUS GIMANA? Baca sampe habis makanya.

Be Focus in Class

Serap sebanyak-banyaknya informasi berharga yang memberi kita landasan teori untuk mengembangkan inovasi melalui kompetisi dan project lainnya. Begitu banyak orang yang merugi karena merasa gagal paham terhadap materi perkuliahan, sedang mereka sendiri bermain-main saat kelas. Belum lagi harus nostalgia dari awal jelang ujian yang berujung pada pemborosan waktu.

Minimalisir distraksi, catat poin penting, dan maksimalkan jam perkuliahan dengan menjadi aktif namun tidak mendominasi.

Competition Forces Us To Do Our Best

Main point yang senantiasa dilihat dari seorang high achievers adalah capaian prestatif yang ia peroleh. Sangat banyak wadah kompetisi dan konferensi di era ini yang bisa dimanfaatkan untuk mengukur sejauh mana kita mampu bersaing.

Kompetisi memberi kita peluang untuk belajar melalui kompetitor lainnya. Saat kalah, kita akan banyak menemukan pelajaran untuk evaluasi diri. Saat menang, kita akan banyak menemukan motivasi untuk menjadi lebih.

Manfaatkan semua kanal lomba yang tersedia, temukan mentor, bangun circle pertemanan yang berisi orang-orang kompetitif

Organization and Community Service

Berada dalam satu visi bersama orang-orang hebat memberi kita peluang untuk expanding network, memupuk rasa tanggung jawab dan kedisiplinan, membangun kapasitas diri, menjadi berdampak. Kolaborasi dan aksi adalah identitas organisasi dan pengabdian masyarakat yang menjadi katalisator bagi kita sebagai agent of change agar mampu bekerja dalam tim, skill yang tidak akan mati ditelan teknologi.

Carilah organisasi dan bidang yang relevan dengan visi pengembangan diri kita, kumpulkan informasi terkait track record-nya melalui riset secara mandiri atau tukar wawasan dengan senior lain, lalu penuhi requirement-nya kemudian pastinya anda akan menghabiskan banyak waktu bersama mereka

 

Mengenal Dekat Dengan Keilmuan Pangan

Keilmuan pangan

Keilmuan yang dipelajari mahasiswa program studi Teknologi Pangan (TP/ITP) atau Teknologi Hasil Pertanian (THP) termasuk dalam rumpun ilmu terapan.

Oleh karena itu, materi kuliahnya hampir seluruhnya berhubungan dengan beragam ilmu yang juga dipelajari di prodi Kimia, Biologi, Industri, Gizi, Farmasi, bahkan Kedokteran.

Nggak heran kalau prodi TP dan THP seringkali jadi “pilihan kedua dan ketiga” setelah Kedokteran.

Data keketatan atau passing grade di Universitas-universitas Contohnya dapat dilihat di 2 perguruan tinggi : UNS atau UGM.

Dimana rasa kedokterannya?

Mata kuliah TP / THP yang nggak jauh-jauh dari kesan “kuliah di kedokteran’ misalnya Biokimia, Ilmu Gizi, Mikrobiologi Pangan, dan Evaluasi Gizi dalam Pengolahan Pangan.

Nah, mata kuliah yang terakhir itulah yang paling kompleks dan bisa jauh mendalam bersinggungan dengan ilmu klinis.

Di mata kuliah Evaluasi Gizi dalam Pengolahan Pangan ada materi tentang Pati Resisten, Serat Pangan, Antioksidan,

Vitamin, sampai detail penelitian in vitro dan in vivo menggunakan hewan coba yang ‘kedokteran banget’.

Tentu saja kedalaman materinya bergantung pada kurikulum prodi di masing-masing universitas ya.

Bisa skripsi terkait klinis loh!

Mahasiswa pangan bisa sekali meneliti pengaruh produk pangan tertentu terhadap diabetes. Menggunakan tikus Sprague Dawley, pakai Streptozotocin, dilihat perubahan glukosa darahnya, Malondialdehid, sampai meneliti stres oksidatif pada organ hewan coba yang diteliti.

Mahasiswa pangan juga bisa banget bikin skripsi soal penyerapan mineral seperti Kalsium yang diperoleh dari hasil samping produsen ikan fillet berupa tulang ikan yang kaya mineral.

Dipelajari seberapa efektif penyerapan kalsium dalam sistem pencernaan tikus dan beragam parameter pra klinis lainnya.

Yang lebih jauh, bisa?

Bahkan, mahasiswa pangan bisa banget meneliti produk pangan jadi kepada manusia. Bener-bener pakai relawan manusia.

Pengaruhnya terhadap diet, Indeks Glikemik, hingga kadar kolesterol dalam darah dan feses. Tentunya semua penelitian pra klinis dan klinis tersebut harus memiliki Ethical Clearance oleh Komisi Etik yang diakui kepakarannya lho ya.

But the bottom line is, ilmu kita anak pangan, nggak jauh-jauh amat kok dari anak kedokteran, gizi, dan farmasi.

So, chill and PROUD TO BE FOOD TECHNOLOGIST.

Sebuah cerita tentang pensiun tetap digaji

Waktu-waktu baru awal bekerja kantoran ada seorang kolega berbincang-bincang dengan saya tentang menariknya bekerja sebagai PNS Kenapa gaji PNS saja enak menjadi PNS hidup terjamin Sudah pensiun masih tetap digaji saat itu saya baru mengetahui kalau PNS itu tetap digaji walaupun Sudah pensiun Saya tidak habis pikir pemerintah Royal sekali gaji pensiunan Butuh duit berapa untuk menggaji PNS seumur hidup

Ternyata setelah saya memahami kalkulasinya tidak sampai semua itu nilainya gaji pensiunan seumur hidup dengan konsep yang sama menggaji PNS yang sudah pensiun seumur hidup kita juga bisa menyiapkan dana tersebut secara mandiri dengan menyisihkan setidaknya 15% dari pendapatan kita untuk dana pensiun dari awal kerja

Jadi bukan berarti pemerintah terus mengaji PNS itu ketika pensiun Seperti yang saya bayangkan dahulu yang dilakukan pemerintah adalah dengan menyiapkan budget dana pensiun sedari awal nilai maksimal 15% dari pendapatan simpelnya bisa dibilang gaji PNS itu relnya 115% tapi 15% nya dikelola pemerintah untuk dana pensiun tersebut

Dan Taruna ini merupakan biaya kolektif seluruh PNS jadinya bisa lebih murah Karena terdapat subsidi silang misal PNS yang di tengah jalan Berhenti bekerja dan kehilangan haknya faktor-faktor demikian menurunkan kewajiban kolektif seperti yang ditanggung pemerintah ini berkaitan dengan roll 4% kalau hitungannya di Amerika kira-kira dibutuhkan aset setara 25 kali pendapatan tahunan untuk biaya pensiun atau biasa mereka menggunakan patokan 1 juta Dolar dimana setelah 14 miliar

Tapi menurut riset credit suisse di tahun 2018 hanya 0,1% orang-orang Indonesia yang memiliki kekayaan diatas 14 miliar ini baru aset dana pensiun saja di luar rumah tinggal jadinya melihat angka hanya 0,1 itu terasa tidak masuk akal makanya Kita sesuaikan lagi dengan reinvestasi kita dari sudut pandang supply say menjadi PNS Atau bukan itu merupakan pilihan kita menjadi PNS merupakan Abdi Negara bukan semata-mata hanya tentang uang

Tapi kalau ingin menjadi PNS karena bercita-cita ingin tetap digaji ketika Sudah pensiun normal kita tetap bisa melakukannya secara mandiri dengan menyisihkan setidaknya 15% pendapatan untuk dana pensiun dari awal dengan begitu Anda juga bisa mendapatkan hak yang diceritakan oleh pegawai PNS tersebut

Beberapa jenis gandum dan manfaatnya Manakah yang lebih baik

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama gandum di mana biji-bijian yang masih memiliki keluarga dekat dengan beras ataupun oat ini Sangat dikenal memiliki banyak sekali kandungan karbohidrat yang baik dan juga didukung oleh kandungan nutrisi serat yang sangat tinggi

Dengan begitu pastinya ganteng juga akan memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh anda, dimana setiap jenis gandum yang ada juga akan memberikan beberapa manfaat yang berbeda satu sama lain seperti dibawah ini

Hard wheat
Hard wheat Merupakan salah satu jenis gandum yang banyak sekali di budidayakan di seluruh dunia di mana gandum dengan jenis hardware ini memiliki tekstur yang sangat keras dibandingkan dengan gantung-gantung yang lain hal ini dikarenakan gandum jenis ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi termasuk gluten didalamnya berkat kandungan protein yang tinggi Maka jenis kondom ini juga sering sekali digunakan sebagai salah satu bahan utama roti

Soft wheat
Soft wheat Merupakan salah satu jenis gandum yang di mana memiliki tekstur yang lebih lunak lalu kadar proteinnya juga lebih sedikit maka dari itu jenis gandum ini di mana Banyak sekali digunakan untuk beberapa bahan utama dalam pembuatan kue cookies dan juga pasti selain itu gandum jenis ini memiliki warna biji-bijian berwarna putih ataupun merah dan memiliki tekstur yang lebih lunak dan tidak dapat dengan mudah menyerap cairan

Durum wheat
Lalu jenis gandum selanjutnya adalah duet merupakan salah satu jenis gandum yang sangat khusus di mana memiliki karakteristik sangat berbeda dari kedua jenis gandum di atas dimana jenis gandum ini memiliki biji yang berwarna kuning sedangkan memiliki tekstur yang sangat keras di mana semua nilai ataupun produk-produk yang terbuat dari tepung Ini mengandung beberapa kandungan protein dan gluten dan banyak juga digunakan sebagai salah satu bahan utama untuk membuat pasta dengan begitu gandum ini juga banyak dikonsumsi beberapa orang

 

Beberapa manfaat kentut untuk kesehatan tubuh

Seperti yang ada sudah ketahui bahwa kentut pastinya akan memiliki banyak sekali manfaat walau di mana dapat memberikan aroma yang tidak sedap tetapi Ketut merupakan salah satu proses alami yang terjadi di dalam tubuh anda yang termasuk ke dalam kategori sistem pencernaan dan sangat baik untuk kesehatan lalu apa saja manfaat kentut untuk kesehatan tubuh anda Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

Menandakan makanan yang dikonsumsi sudah seimbang
Manfaat pertama yang akan diberikan dari kentut untuk kesehatan tubuh yaitu dimana dapat memberikan tanda ketika nutrisi yang ada di dalam tubuh anda sudah seimbang karena menu makanan yang dimana terdiri dari beberapa kandungan nutrisi seperti protein rendah lemak sayuran buah-buahan biji-bijian yang dimana merupakan salah satu makanan seimbang tetapi nantinya akan dihasilkan beberapa gas dari pencernaan makanan tersebut sehingga nanti keluar lah kentut

Mengurangi rasa sakit pada perut
Kemudian manfaat yang lain dari kentut untuk kesehatan tubuh yaitu dimana dapat membantu tubuh anda untuk meredakan rasa sakit pada bagian perut ketika anda sedang mengkonsumsi makanan seperti mengunyah menelan dan juga tubuh memproses makanan tersebut pastinya akan menghasilkan beberapa gas yang terdapat di saluran pencernaan anda ketika nantinya gas tersebut akan menumpuk dalam waktu yang lama maka perut Anda juga akan tidak terasa nyaman dan juga dapat menyebabkan rasa sakit tetapi Ketika anda mengeluarkan gas tersebut rasa sakit yang Anda rasakan akan mereda

Mengidentifikasi alergi pada makanan
Lalu kentut juga dapat memberikan tanda-tanda bahwa anda alergi kepada suatu makanan atau tidak karena ketika anda mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh anda maka nantinya akan ada beberapa gejala seperti diare mual produksi gas yang terlalu berlebihan dan membuat anda menjadi kembung lalu Ketika anda sedang merasakan gejala-gejala tersebut Lalu Anda kentut maka hal tersebut akan menandakan bahwa tubuh anda sedang terkena alergi makanan dengan begitu anda akan mengetahui bahwa tubuh anda dapat terkena alergi ketika mengkonsumsi makanan tersebut