BERAT BADAN LAHIR RENDAH

– BERAT BADAN LAHIR RENDAH
Berat badan lahir rendah merupakan berat badan pada saat lahir kurang dari 2,5 kg.bayi itu lahir dengn bblr akan terlihat kecil dan badannya kurus, serta mempunyai ukuran dikepala akan terlihat besar.BBLR terjadi karena bayi lahir secara prematur dan mengalami gangguan-gangguan perkembangan saat berada didalam kandungan.

– PENYEBAB BERAT BADAN LAHIR RENDAH
Banyak sekali kondisi dimana yang sebabkan bayi lahir dengan berat badannya rendah.penyebab yang utamanya ialah kelahiran secara prematur, yaitu dimana persalinan terjadi sebelum usianya kehamilan selama 37 minggu.selain dari pada itu berat badan lahir rendah terjadi karena ketika bayi itu tidak tumbuh dengan baiknya saat didalam kandungan.masalah yang dipicu karena gangguan diplasenta, kondisi yang kesehatan ibunya atau kesehatan pada bayinya.

– GEJALA BERAT BADAN LAHIR RENDAH
Berat badan seorang bayi normal nya adalah sekitaran 2,5 sampai 4,5 kilogram.bayi akan dinyatakan BBLR bila saat lahir kurang dari pada 2,5 kilogram.sementar itu, bayi lahir dengan berat yang kurang 1,5 kilogram akan dinyatakan mempunyai berat badannya sangatlah rendah.

selain mempunyai berat badannya yang rendah dari bayi yang normalnya, bayi BBLR akan tampak kecil dan kurus karena mempunyai lemak dalam tubuh dalam jumlah dikit,selain daripada itu kepala pada bayi tersebut terlihat tidak proporsional karena pada bagian kepala lebih besar dibanding dengan tubuhnya.

– PENGOBATAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH
Hampir pada bayi BBLR pasti memerlukan perawatan dirumah sakit. penanganan diberikan sesuai dengan gejalanya, tingkat dari keparahan kondisinya, usia waktu kehamilan dan kondisi pada keseahtan bayi dengan keseluruhannya.

BAYI BBLR dengan memiliki komplikasi seperti pada paru-paru yang belum siap dan matang atau terjadi masalah pada ususnya, sangat perlu dirawat diruang intensif neonatal.didalam ruangan ini, bayi ditempatkan ditempat tidurnya dengan suhu yang akan disesuaikan.asupan-asupan nutrisa untuk bayi juga sudah diaur sedemikian perharinya.

– PENCEGAHAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH
Pencegahan pada bayi BBLR dapat dilakukan dengan cara menjalani pemeriksaan tes kehamilan dengan rutin kepada dokter kandungan.selain dari pada itu, melakukan hal-hal berikut ini untuk dapat menjaga kondisi dari kesehatan ibu serta janinnya selama masa kehamilan yaitu:
1.konsumsi makanan-makanan yang sehat supaya nutrisi utnuk janin dan ibunya selalu terpenuhi
2.tidak untuk mengonsumsi minuman-minuman beralkohol, menggunakan NAPZA dan tidak merokok
3.selalu menjaga kebersihan dalam oragan intim selama masa kehamilan
4.Mengelola stress dengan baik sekali