Harga Cabai Naik ? Coba Gantikan Dengan Bahan Berikut Ini

Indonesia memang terkenal akan ragam kulinernya yang memiliki citarasa yang pedas. Namun di awal tahun 2020 ini, harga cabai mengalami peningkatan mencapai 61.711 per kilogramnya untuk cabai rawit merah. Peningkatan harga cabai ini tentu memberikan dampak negatif bagi keuangan keluarga bukan ? Untuk mengakali hal ini, ada beberapa jenis makanan yang bisa menggantikan posisi cabai loh, sudah tahu belum ?

Bumbu dapur pertama yang bisa menggantikan cabai adalah lada putih. Seperti yang kita tahu, lada putih bisa memberikan rasa panas di tenggorokan. Selain itu, lada putih juga bisa menambahkan rasa untuk masakan seperti sup, nasi goreng, pasta, ataupun masakan berkuah lainnya. Selain dapat memberikan sensasi panas dan pedas di tenggorokan, lada putih juga sangat efektif untuk mengobati masuk angin. Sebagai tambahan informasi saja, lada putih juga kaya akan antioksidan !

Bumbu dapur kedua adalah lada hitam. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lada putih, namun lada hitam mampu memberikan rasa yang lebih strong ketika dikonsumsi. Rasa pedas yang ada pada lada hitam berasal dari zat linalool, pinene, limonene, sabinene serta caryphyllene. Lada hitam sangat cocok untuk dicampurkan kedalam masakan yang dipanggang atau dibakar.

Yang ketiga adalah jahe. Seperti yang kita tahu, jahe mampu memberikan rasa hangat dan pedas pada masakan. Selain itu jahe juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagi kalian yang sedang masuk angin atau kedinginan, mengkonsumsi air rebusan jahe juga dapat meringankan dan mengobati masuk angin loh ! Rasa pedas yang ada pada jahe ternyata dihasilkan dari satu zat yang bernama zingeron. Zat inilah yang memberikan sensasi hangat pada tubuh.

Keempat adalah buah pala. Bahan rempah khas Indonesia yang satu ini juga dapat memberikan sensasi pedas dan hangat pada makanan. Buah pala sering digunakan untuk masakan-masakan Timur Tengah, contohnya saja kari, gulai, semur, dan juga rendang. Selain memberikan sensasi rasa pedas pada makanan, buah pala juga mampu memberikan tambahan aroma pada masakan sehingga makanan akan terasa lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *