Cara Hindari Serangan Jamur Terhadap Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan yang tidak sehat tentunya akan membuat sangat tidak nyaman bagi kesehatan tubuh, maka dari itu saluran pencernaan harus benar-benar di jaga.

Saluran pencernaan yang tidak lancar akan sering membuat perut terasa sangat tidak nyaman, rutinitas sehari-hari pastinya akan terganggu akan hal tersebut. Pencernaan yang tidak sehat dapat di sebabkan oleh banyak hal, seperti bakteri jahat, jamur dan masih banyak penyebab lainnya.

Salah satu jenis jamur yang paling banyak di temukan dalam saluran pencernaan adalah candida, dan tahukah anda jika saluran pencernaan tidak sehat dan membuat pencernaan tidak lancar akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, karena nutrisi makanan yang masuk kedalam tubuh tidak dapat di serap dengan baik oleh tubuh, yang akhirnya tubuh akan kekurangan nutrisi kemudian tubuh akan menjadi semakin lemah dan jatuh sakit. Sakit yang di alami karena saluran pencernaan yang tidak sehat dapat berujung fatal.

Namun bagaimanakah cara untuk mencegah dan menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat dan lancar, berikut beberapa tips nya agar saluran pencernaan anda sehat dan pencernaan menjadi lancar.

  1. Jaga kesehatan mulut
    Menurut penelitian salah satu cara untuk mencegah agar tidak di serang oleh jamur candida adalah menjaga kesehatan mulut, karena mulut adalah pintu utama masuknya bakteri yang dapat mengganggu saluran pencernaan. Caranya nya cukup gampang, rutin untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut, kurangi minuman bersoda, rutin untuk gosok gigi, dan selalu perhatikan kesehatan tangan.
  2. Diet rendah karbohidrat
    Cara kedua ini dapat membantu menjaga jamur menyerang saluran pencernaan, karena makanan yang mengandung karbohidrat tinggi rata-rata dapat membuat jamur cepat berkembang. Kemudian hindari makanan seperti permen karena permen mengandung gula yang tinggi dan pastinya karbohidrat dalam permen cukup tinggi serang hindari minuman yang mengandung alkohol. Jika anda bingung, bisa coba untuk bertanya kepada pakar gizi atau pun dokter.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik
    Bakteri baik berperan penting dalam urusan pencernaan, dan bakteri baik ini bisa anda dapatkan dari makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt. Namun usahakan untuk menghindari yogurt yang sudah di tambah pemanis buatan, karena itu akan memperburuk keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *