Cara Tepat Memasak Ikan Agar Tidak Kehilangan Nutrisi

Ikan merupakan salah satu jenis hewan air yang kaya akan nutrisi, dan salah satu makanan yang sangat baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Ikan memang kaya akan nutrisi namun, harus pandai dan tepat untuk mengolahnya. Kesalahan dalam mengolah ikan dapat membuat nutrisi ikan tersebut berkurang, maka dari itu pengolahan ikan juga harus benar agar nutrisi nya tidak terbuang sia-sia.

Dalam pengolahan ikan pastinya masih sangat banyak orang yang salah dalam mengolahnya, padahal sangat sayang jika nutrisi ikan tersebut menjadi sia-sia, seperti yang di lakukan banyak orang adalah menggoreng ikan tersebut, cara pengolahan ini akan membuat nutrisi ikan menjadi berkurang dan cara ini kurang tepat di pakai.

Berikut beberapa cara yang tepat untuk di pakai agar nutrisi pada ikan tidak berkurang atau terbuang sia-sia.

  1. Panggang
    Cara pertama ini cukup baik, karena memasak dengan di panggang tidak membutuhkan tambahan minyak, anda cukup membalurkan bumbu pada ikan tersebut dan di panggang hingga matang.

    Ikan yang cocok di pakai untuk di panggang, seperti ikan layur, tuna, salmon. Mengapa? karena tekstur daging ikan tersebut lebih padat sehingga tidak mudah hancur saat di panggang

  2. Kukus
    Cara kedua ini merupakan cara yang paling sehat dalam pengolahan ikan, nutrisi dalam ikan tersebut benar-benar sangat terjaga dan tidak terbuang sia-sia.

    Selain itu kukus juga tidak membuat daging ikan tersebut menjadi cepat kering, sehingga saat di santap, tekstur daging ikan tersebut masih terasa sangat lembut. Ikan yang cocok di pakai untuk di kukus adalah ikan yang mengandung lebih banyak lemak seperti, lele, Kod, kakap, dan masih banyak jenis ikan lainnya yang mengandung banyak lemak.

  3. tumis
    Menumis memang menggunakan minyak saat memprosesnya, namun berbeda dengan di goreng. Minyak yang digunakan untuk menggoreng tentunya sangat banyak, sedangkan menumis hanya menggunakan sedikit minyak dan tentunya cara ini lebih sehat di bandingkan dengan di goreng.

    Ikan yang cocok di pakai untuk di tumis adalah ikan yang berdaging putih, semua ikan yang berdaging putih bisa di olah dengan di tumis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *