Anggapan Remeh yang Menjadi Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang sudah umum di dunia, siapa saja bisa terkena gigi berlubang asal kan mereka masih memiliki gigi.

Gigi berlubang tidak mengenal usia, baik itu bayi ataupun mereka yang sudah lansia. Banyak penyebab yang dapat membuat gigi berlubang, namun banyak anggapan yang membuat gigi berlubang adalah hanya mulut kotor, namun banayk yang tidak berpikir penyebab mulut kotor dan kebiasaan lain juga bisa membuat gigi menjadi berlubang.

Gigi berlubang adalah salah satu penyakit yang cukup menggangu, selain bisa membuat nyeri pada gigi, mulut juga menjadi bau dan membuat kepercayaan diri menjadi menurun.

Penyebab gigi berlubang

Gigi bisa berlubang karena adanya plak pada gigi tersebut, plak bisa berasal dari sisa makanan, air liur dan juga bakteri, Plak bisa terbentuk pada gigi ketika anda makan dan tidak membersihkan mulut, Saat itu lah plak pada gigi akan terbentuk dan merusak gigi menjadi berlubang. Berikut beberapa faktor umum yang membuat gigi berlubang.

  1. Jarang menyikat gigi
    Penyebab utama adalah gigi dan mulut kotor, jika anda jarang menyikat gigi, maka plak pada gigi akan cepat terbentuk terutama pada sela-sela gigi yang mudah menyimpan sisa makanan. Mulai lah rajin untuk menyikat gigi dan membersihkan mulut agar tidak terbentuk plak pada gigi dan gigi tetap sehat.
  2. Makanan dan minuman manis
    Makanan dan minuman manis tentunya sangat menggoga dan banyak orang menyukainya, tapi apakah anda tahu kalau makanan dan minuman manis dapat membuat gigi berlubang, karena makanan dan minuman manis merupakan santapan lezat bagi bakteri dalam mulut.

    Bakteri dalam mulut akan menggerogoti sisa gula yang menempel pada permukaan gigi kemudian akan menghasilkan asam setelah itu bercampur dengan air liur dan akhirnya akan membentuk plak pada permukaan gigi, dan jika plak tersebut di biarkan menumpak pada gigi tanpa di bersihkan, maka akan mengikis lapisan enamel gigi dan akan mengakibatkan gigi menjadi berlubang.

  3. Mulut kering
    Mulut kering ternyata juga bisa membuat gigi menjadi berlubang, biasanya mulut kering karena produksi air liur yang sedikit. Padahal air liur bermanfaat untuk menjaga kelembapan mulut dan membantu membersihkan sisa makanan yang dapat menyebabkan pembentukan plak pada gigi. Cara untuk mencegah agar mulut tidak kering adalah dengan banyak minum air putih.

    Jika anda sayang dengan gigi anda, maka rajinlah perhatikan kebersihan mulut, seperti rajin menggosok gigi dan bersihkan mulut setelah selesai makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *