Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Dalam kondisi sedang mengandung biasa beberapa tubuh akan mengalami pembengkakan, namun pembengkakan tersebut merupakan hal yang wajar.

Bagian tubuh yang sering kita lihat mengalami pembengkakan adalah kaki, banyak yang berpikiran kalau kaki bengkak saat mengandung dan setelah melahirkan maka pembengkakan akan pelan-pelan mereda, namun apakah anda tahu kalau pembengkakan kadang bisa bertahan walaupun sudah melahirkan. Kondisi ini disebut dengan pembengkakan postpartum (pembengkakan pasca melahirkan).

Walaupun hal yang wajar, namun pasti banyak orang yang penasaran dan bertanya-tanya kenapa kaki bisa bengkak. Hal ini karena saat hamil tubuh akan menyimpan banyak cairan yang guna nya untuk menjaga bayi dalam kandungan oleh sebab itu volume darah menjadi meningkat, bahkan bisa mencapai hingga 50 persen. ini merupakan salah satu alasan kenapa berat badan saat hamil bisa meningkat.

Tips atas kaki bengkak setelah melahirkan

Jika anda, family atau ada kenalan yang lainnya mengalami kaki bengkak yang tidak redah walau sudah melahirkan, pastinya anda akan bingung dan mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Jika anda membutuhkan solusi tersebut maka ana sudah berada pada artikel yang tepat.

  1. Jangan berdiri terlalu lama
    Ada baiknya jika hindari berdiri terlalu lama saat kondisi kaki masih bengkak setelah melahirkan, jika di suatu kondisi anda di haruskan untuk berdiri dalam waktu yang lama, luangkan lah sedikit waktu untuk duduk, selain itu jika duduk jangan menyilangkan kaki, karena dapat menghambat aliran darah dan membuat kaki bengkak tak kunjung redah.
  2. Posisikan kaki lebih tinggi
    Agar cairan tubuh tidak menumpuk di kaki, anda bisa mencoba untuk meletakkan atau memposisikan kaki lebih tinggi untuk membantu melancarkan sirkulai darah.Tips kedua ini setidaknya dapat membantu untuk meredahkan pembengkakan pada kaki setelah melahirkan.
  3. Konsumsi banyak air putih
    Walaupun cairan dalam tubuh menumpuk dan membuat kaki menjadi bengkak, hal tersebut bukan merupakan alasan untuk mengurangi konsumsi air putih, justru harus sebaliknya memperbanyak konsumsi air putih. Karena tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memicu penumpukan cairan pada tubuh, hal ini yang menyebabkan pembengkakan.
  4. Olahraga ringan
    Walaupun hari rutinitas anda sibuk, jangan lupa untuk luangkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga dan jalan ringan, untuk membantu meredahkan kaki bengkak pasca melahirkan sekaligus melancarkan aliran darah.Melakukan olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh, namun harus memperhatikan juga kondisi tubuh, jika sudah terlalu capek, maka istirahatlah dan jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga.
  5. Hindari makanan olahan dan mengandung tinggi garam
    Makanan olahan atau makanan yang mengandung tinggi garam dapat menghambat penyembuhan kaki bengkak pasca melahirkan.Sebaliknya ganti lah dan memperbanyak makanan yang mengandung tinggi protein dan serat seperti, telur, daging tanpa lemak , tempe,tahu, buah-buahan, sayuran dan banyak lagi makanan lainnya.
  6. Kurangi konsumsi minuman kafein
    Tubuh memang butuh cairan yang cukup agar tidak dehidrasi, namun yang di perlukan adalah air putih bukan minuman yang mengandung kafein.Pasti banyak muncul pertanyaan minuman kafein kan berbentuk cairan, namun yang perlu anda ketahui adalah kafein berdampak negatif pada tubuh, karena minuman yang mengandung kafein malah justru memicu tubuh kehilangan cairan dan membuat pembengkakan pada kaki tidak membaik.
  7. Melakukan pijat kaki
    Memijat kaki setelah pasca melahirkan bertujuan untuk meregangkan dan merilekskan otot-otot kaki, selain membantu meredahkan pembengkakan, pijat kaki juga membuat aliran darah dan juga cairan dalam tubuh menjadi lebih lancar serta dapat meredahkan stres.
  8. Lakukan kompres dingin
    Selain dai 7 cara di atas, kompres dingin juga dapat membantu meredahkan bengkak pada kaki, caranya cukup gampang ambil es bungkus dengan memakai handuk kecil, dan lakukan kompres di bagian kaki yang bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *