Aturan Makan yang Tepat Agar Tidak Mudah Lemas Saat Sedang Puasa

Aturan Makan yang Tepat Agar Tidak Mudah Lemas Saat Sedang Puasa

Selama bulan puasa atau Ramadhan pola makan seseorang dan waktu istirahat menjadi berubah, dan terkadang hal ini membuat tubuh kekurangan energi. Tapi, jika pola makan dan waktu istirahat dilakukan dengan tepat, maka puasa justru akan membawa dampak yang baik untuk jiwa dan raga.

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat bulan puasa adalah dengan menjaga pola atau asupan dari makanan. Salah satu dokter spesialis penyakit dalam menyarankan kita agar menjauhi makan makanan gorengan sebab dapat meningkatnya kadar kolesterol. Jadi, sebaiknya terapkan cara menyiapkan hidangan di bulan puasa dengan yang lebih sehat seperti direbus, dipanggang atau di bakar.

Selanjutnya, saat sedang berpuasa sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi kafein. Hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan tubuh seseorang lebih cepat kehilangan cairan sehingga akan lebih mudah haus.

Penting juga agar kita membatasi asupan dari karbohidrat karena, hal itu hanya menyebabkan tubuh kita menjadi kurang aktif dan cepat mengantuk. Sebaiknya tambahkan konsumsi minyak gula dan produk susu yang rendah lemak.

Hal yang Paling Penting.

Dan salah satu hal yang paling penting saat di bulan puasa adalah menjaga asupan air putih saat itu sedang sahur ataupun berbuka.

Air putih mampu memberikan energi, mempertahankan suhu pada tubuh kita menjadi lebih normal, mencegah terganggunya fungsi dari pencernaan dan meningkatkan kerja pada ota agar dapat memastikan tubuh kita tetap produktif walau sedang berpuasa.

Selama di bulan puasa, terapkan pola minum air putih seperti ini. 2 gelas saat sudah berbuka, 2 gelas apabila setelah memakan makanan berat, dan 2 gelas saat sedang sahur. Dengan begitu, anjuran untuk minum 8 gelas perharinya masih tetap terpenuhi walau di bulan puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *