Pendiri Mobil BMW Franz Josef Popp

Pendiri Mobil BMW Franz Josef Popp

Franz Josef Popp pria yang lahir pada 14 Januari 1886 di Vienna ini adalah salah satu dari tiga orang pendiri dari perusahaan mobil terbesar saat ini yakni perusahaan BMW AG, sekaligus menjadi pendiri dari BMW AG dari tahun 1922 sampai dengan 1942. Franz Josef tutup usia di 68 tahun pada tahun 29 Juli 1954 di Stuttgart.

Ada juga beberapa nama lainnya seperti Karl Rapp, Gustav Otto, Max friz yang dimasukkan ke dalam pendiri atau penemu dari BMW AG. Tanpa kehadiran mereka juga mungkin saja sampai saat ini perusahaan tersebut tidak akan terbentuk. Tapi, Franz Josef Popp yang mengklaim bahwa dirinyalah yang lebih dulu mengembangkan perusahaan yang terkenal sampai saat ini itu. Namun, pada tahun 1942 ia dipaksa untuk mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama pada perusaahaan tersebut.

Sejarah BMW.

Pada awalnya perusahaan BMW ini mengawali bisnisnya dengan membuat mesin pesawat terbang pada tahun 1917. Di akhir peperangan dunia yang ke-1 pada saat tahun 1918, BMW memberhentikan karena dipaksa untuk tidak memproduksi mesin pesawat terbang lagi karena sebuah perjanjian.

Kemudian pada tahun 1922, BMW bekerja sama dan bersatu sebuah perusahaan studio desain industri di California. Lalu, pada tahun 1994 BMW membeli sebuah perusahaan besar otomotif di Inggris yang bernama Grup Rover, Namun di tahun 2000, Rover sendiri alami kerugian besar dan BMW pun menjualnya. Hingga akhirnya BMW mendirikan merek sendiri yang diberi nama dengan MINI pada tahun 2001.

BMW sendiri sudah merakit mobil-mobilnya pada tahun 1968 di Afrika Selatan. Ada tiga mobil yang di pasarkan di Afrika Selatan pada saat itu yang menjadi mobil pertama yang diproduksi di luar negeri seperti , E23 M745i, BMW 333i, dan BMW E30 325is.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *